PERBEDAAN

Perbedaan Kera dan Monyet?


Banyak yang bingung dan mengajukan pertanyaan, apa perbedaan kera dan monyet? Apakah antara keduanya, kera dan monyet, memiliki perbedaan atau justru sama? Hasilnya, tidak sedikit yang kebingungan dan saling tertukar dalam menyebut keduanya.

Monyet dan kera memang sama-sama hewan mammalia (menyusui) dari ordo Primata (Primates). Ordo ini termasuk hewan lemur, tarsius, monyet, kera, dan manusia. Untuk tarsius dan lemur memang lebih gampang dibedakan, baik dari ukuran tubuh maupun bentuk fisiknya. Namun untuk kera dan monyet sering kali saling tertukar dalam penggunaannya.

Dalam bahasa Inggris, kera disebut sebagai “apes”, sedangkan monyet disebut sebagai “monkeys”.
Perbedaan Antara Kera dan Monyet

Perbedaan antara kera dengan monyet dapat dilihat dari klasifikasi ilmiah atau pun dari perbedaan ciri-ciri tubuh. Berdasarkan klasifikasi ilmiah, kera (apes) dan monyet (monkeys) berasal dari sub-famili yang berbeda. Kera berasal dari superfamili Hominoidea. Superfamili ini terdiri atas famili Hominidae yang terdiri atas empat genus yaitu Gorilla (Gorila), Homo (Manusia), Pan (Simpanse), dan Pongo (Orangutan), dan famili Hylobatidae (Gibbon) yang terdiri atas empat genus yakni Hoolock, Hylobates, Nomascus, dan Symphalangus.

Sedangkan kera (monkeys) termasuk dalam superfamili Cercopithecidae dengan satu famili yakni Cercopithecidae. Famili ini terdiri atas genus Allenopithecus, Allochrocebus, Cercocebus, Cercopithecus, Chlorocebus, Colobus,  dan Erythrocebus. Juga genus Lophocebus, Macaca, Mandrillus, Miopithecus, Nasalis, Papio, Piliocolobus, Presbytis, Procolobus, Pygathrix, Rhinopithecus, Rungwecebus, Semnopithecus, Simias, Theropithecus, dan Trachypithecus.

Secara fisik, perbedaan antara kera dan monyet yang paling ketara dan udah dikenali adalah keberadaan ekor. Kera tidak memiliki ekor sedangkan monyet memiliki ekor panjang. Selain itu, perbedaan secara fisik lainnya adalah :

Ekor; Kera tidak memiliki ekor sedangkan monyet memiliki ekor panjang.
Panjang lengan; Kera memiliki bentuk lengan lebih panjang dibandingkan kakinya sedangkan monyet memiliki ukuran lengan hampir sama atau bahkan lebih pendek dibandingkan ukuran kakinya.
Kegunaan lengan; Kera kerap menggunakan lengan untuk bergantungan di cabang atau ranting pepohonan sedangkan monyet lebih jarang menggunakannya.
Kegunaan kaki; Kera dapat berjalan dengan menggunakan kedua kakinya sedangkan monyet umumnya berjalan dengan keempat kakinya.
Ukuran otak; Kera memiliki ukuran perbandingan otak dengan tubuh yang lebih besar ketimbang monyet.

Secara tingkah laku, perbedaan antara kera dengan monyet diakibatkan karena perbedaan volume otak. Dengan volume otak yang lebih besar, kera lebih dapat menggunakan alat-alat untuk berburu dibanding monyet. Habitat kera adalah terestrial hingga semi terestrial sedangkan monyet bersifat arbotrial (tinggal di pohon).

Contoh Spesies Kera dan Monyet

Melengkapi perbedaan antara kera dengan monyet, berikut ini beberapa contoh jenis (spesies) kera dan monyet. Keduanya terutama yang bisa dijumpai di Indonesia.

Contoh spesies kera antara lain:

    Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus)
    Orangutan Sumatera (Pongo abelii)
    Owa Ungko (Hylobates agilis)
    Siamang (Symphalangus syndactylus)
    Owa Jawa (Hylobates moloch)

Contoh spesies monyet antara lain:

    Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis)
    Beruk Mentawai (Macaca pagensis)
    Monyet Ekor Babi atau Simakobu (Simias concolor)
    Lutung Jawa (Trachypithecus auratus)
    Surili Jawa (Presbytis comata)
    Simpai atau Surili Sumatera (Presbytis melalophos)
    Lutung Dahi Putih (Presbytis frontata)
    Bekantan (Nasalis larvatus)
Itulah perbedaan antara kera dengan monyet. Dengan uraian perbedaan tersebut, seharusnya kita tidak perlu lagi bingung atau saling tertukar untuk menyebutkan kera atau monyet.

sumber : https://alamendah.org/

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.