APA

Apa itu Google Adsense ?


Apa itu Google Adsense ? Adsense adalah program kerjasama periklanan online yang dimiliki dan diselenggarakan oleh Google. Dengan program ini para publisher (baca: pemilik situs web / blog atau webmaster) bisa memasang dan mempromosikan iklan yang dimiliki oleh advertiser pada situs web mereka. Program Google Adsense ini berjeniskan periklanan dengan sistem PPC (pay per click).

Lantas Apa itu PPC / Pay Per Click ? Yang dimaksud Pay Per Click adalah bayaran yang akan diberikan kepada publisher setiap adanya klik pada iklan. Setiap bayaran yang diberikan kepada publisher tidak semuanya sama, karena ada faktor yang mempengaruhi nilai bayaran klik tersebut, contohnya CTR, Niche, dan lain sebagainya.

Google Adsense ini merupakan anak program dari program induk yang bernama AdChoices yang merupakan salah satu program jaringan iklan melalui media internet terbesar di dunia. AdChoices memiliki sekitar 2 juta publisher dan memiliki puluhan ribu advertiser.

Diluncurkan pada tahun 2003, setelah Google mengakuisisi perusahaan bernama Applied Semantics. Akuisisi ini atas dasar prakarsa dari Susan Wojcicki, Paul Buchheit, dan juga Sergey Brin yang saat itu sedang memimpin tim untuk memunculkan ide-ide proyek yang akan dilakukan Google. Dan sampai sekarang diperkirakan ada sekitar 13,6 Miliar US Dollar pendapatan Google atau sekitar 22% dari total pendapatan Google, berasal dari program periklanan ini.

Google menggunakan teknologinya sendiri untuk menyajikan periklanan berbasis konten web berdasarkan lokasi geografi, kategori situs publisher, dan banyak lagi faktor lain. Adapun konten periklanan yang bisa dipromosikan oleh publisher yakni berupa..

    iklan berbasis konten
    iklan berbasis pencarian

Iklan berbasis konten, artinya iklan tersebut akan dipromosikan oleh publisher dengan media berupa banner gambar, maupun banner video. Sementara iklan berbasis pencarian, berarti iklan tersebut akan muncul apabila publisher menggunakan mesin pencari google pada situs webnya, iklan tersebut muncul dibagian atas hasil pencarian oleh pengunjung.

Idevangelist.com juga menggunakan layanan periklanan dari Google ini. Bisa kalian lihat pada bagian kanan atas terdapat banner berisi iklan, begitu juga pada bagian paling atas dan paling bawah artikel berisi banner iklan.

Di artikel berikutnya kita akan bahas cara mendaftar Google Adsense, dan topik lainnya mengenai Google Adsense.

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.